Sabtu, 06 Oktober 2012

Membeli Coklat Dengan Kebaikan


BANYAK orang beranggapan, uang bisa membeli segalanya. Rupanya, anggapan itu tidak berlaku di toko cokelat ini.
Anthon Berg, produsen cokelat legendaris asal Denmark, membuka cabang terbarunya di Copenhagen. Toko mungil ini diberi nama The Anthon Berg Generous Store dan dibuat dengan konsep berbeda dari toko Anthon Berg lainnya.
Di toko ini, beragam cokelat dijual bukan menggunakan uang, namun dihargai dengan berbagai tindakan positif. Contohnya, membersihkan rumah, tidak berbohong kepada orang tua selama seminggu, tidak menggunjing teman selama sebulan, menyajikan sarapan untuk pasangan di tempat tidur, dan berbagai kebaikan lainnya.
Karena uang tidak berlaku di The Anthon Berg Generous Store, toko ini tidak memiliki meja kasir dan mesin penyimpan uang yang lazim terdapat di toko lainnya. Sebagai gantinya, seperti diberitakan Oddity Central, para pembeli akan mendaftarkan “harga” cokelat yang mereka beli di iPad yang disediakan para pelayan toko.

Mereka kemudian menuliskan kebaikan yang harus dilakukan di akun Facebook yang di-tag ke seseorang yang akan menerima kebaikan itu, seperti kepada orang tua, pasangan atau sahabat.
Dengan begini, kebaikan yang harus dilakukan pun menjadi janji yang harus ditepati. Jika janji sudah ditepati, para konsumen wajib mengunggah foto yang menjadi bukti kesungguhan mereka melakukan kebaikan yang mereka janjikan sebelumnya.
Anthon Berg merupakan produsen cokelat terkemuka di Denmark yang didirikan sejak tahun 1884. Toko ini didirikan Anthon Berg, seorang penjual sayuran yang kemudian menjajal peruntungan di jalur pembuatan cokelat. Berg selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan cokelat yang membuat para pelanggannya ketagihan.
Setelah Berg wafat, bisnis cokelat pun diwariskan kepada puteranya, Gustav. Dalam pesan terakhirnya, Berg meminta Gustav untuk hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas dan selalu memuaskan para konsumennya dengan cita rasa tinggi.
Ketulusan Berg untuk membahagiakan para pelanggan menjadi inspirasi terciptanya program Generous Store ini. Seperti tagline dalam program ini yang berbunyi, “You can never be too generous”, para penerus bisnis Anthon Berg ingin menyampaikan pesan pada para pelanggannya bahwa tak boleh ada kata puas dalam berbuat kebaikan.
(rere/gur)

Sumber : Plasa MSN

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar: