Jumat, 11 Juli 2008

Dunia tanpa sekolah 1

Minggu ini liburan sekolah sudah usai, anak-anak sekolah sudah mulai sibuk mempersiapkan diri untuk memulai aktivitas belajarnya lagi. Baik yang baru naik kelas atau baru lulus dari sd,smp , atau smu. Sekolah2 favourite jadi rebutan, daftar sana, daftar sini.Toko-toko buku mulai ramai dikunjungi, toko sepatu, toko tas, toko buku pelajaran, penjahit seragam sekolah dll......wah bener-bener sibuk.

Sebagian orang tua dengan senang hati mempersiapkan semua kebutuhan ini, ada sebagian yang harus berkerut dahinya memikirkan dana untuk semuanya ini. Ada yang berlomba masuk sekolah terbaik tapi ada juga yang bingung harus sekolah di mana. Untuk masuk sekolah dengan biaya terendahpun sekarang harus pikir-pikir panjang. Sebagian orang tua pasrah membiarkan anaknya tidak melanjutkan sekolah dan membiarkan anaknya bekerja.

Suatu saat saya pernah itung-itung , berapa ya biaya yang harus saya keluarkan untuk mengkuliahkan anak saya di tahun 2020? Mulai dari biaya semesteran , kost (kalau di luar kota), makan , transport, keperluan belajar, jalan-jalan, biaya kesehatan......dan masih buaaaanyyak lagi. Apalagi kalo anak cewek....mmhhh tambah membengkak lagi. Dengan memperhitungkan tingkat inflasi dan sebagainya, hitungan saya berkisar antat 5-10 juta per bulan, dengan asumsi kuliahnya di kota seperti Jakarta atau Surabaya, dan di universitas yang sudah punya reputasi. Wahhh banyak juga .....dengan uang segitu saya bisa cari orang pinter untuk ngejalanin bisnis......heheheh. Saya jadi mikir.... gimana ya seandainya sekolah ditiadakan saja.....sebuah dunia TANPA SEKOLAH!!!!
(bersambung)

Related Posts by Categories

1 komentar:

Anonim mengatakan...

:D sempet yah ngetung gt.. mmm... perhitungkan juga gaji/penghasilan mu di tahun 2020 nanti dengan tingkat inflasi yg sama... gimana perbandingannya? :D kadang org nglupain perbandingan itu... pdhl itu yg bisa jadi bayangan mahal ato tidaknya sesuatu di masa datang... :)