Jumat, 25 Juli 2008

Dunia tanpa sekolah 2

Sebuah dunia tanpa sekolah??? kayaknya begitu radikal dan ekstrim....lebih baik dirubah menjadi sebuah dunia tanpa (harus) sekolah (formal). Di dunia seperti itu, tidak akan ada kata "putus sekolah", tidak ada lagi kasta karena yang satu lulusan sd, yang satu sudah S3. Di dunia yang tidak harus sekolah ini tidak ada lagi kata berpendidikan atau tidak berpendidikan. Yang ada hanya satu kata "pembelajar" atau bukan!!!

Sekolah memang tidak harus, tetapi belajar harus!! belajar tidak harus di sekolah, di manapun bisa, kapanpun bisa. Di dunia yang saya khayalkan itu kata belajar samasekali terputus hubungannya dengan kata "SEKOLAH". Selama ini sekolah identik dengan belajar secara khusus, di ruangan yang khusus, diwaktu yang khusus... bahkan sampai bertahun-tahun , sampai lupa untuk berkarya nyata. Bertahun-tahun orang dikelilingi buku, mengurung diri di dinding yang namanya sekolah, ketika sudah puas, dan dinyatakan berhasil....keluarlah dia dari dinding itu dan menemui kenyataan bahwa di luar sana tidak identik dengan apa yang dipelajarinya. Sedangkan tanpa disadarinya waktu terus berlalu dan waktu untuk berkarya nyata sudah hampir habis juga....

Apa yang dibutuhkan di sebuah dunia yang tidak harus sekolah ini? Sebuah komitmem bersama untuk mau BELAJAR!!! ya....yang harus ditanyakan ketika melamar kerja bukan lagi "kamu lulusan apa? di mana? nilai berapa?" yang harus ditanyakan adalah "kamu umur berapa?" "apa yang sudah kamu pelajari selama ini?" "Kamu bisa apa?" "Apa keahlian kamu?" Untuk menjawab pertanyaan yang terakhir tadi seseorang tidak harus menunjukkan sebuah ijazah formal dari sebuah sistem yang disebut sekolah!!!

Hal yang saya bayangkan di atas, akan menimbulkan pertanyaan...bagaimana belajar tanpa sebuah sistem? Bukankah tujuan sekolah adalah memungkinkan seseorang belajar secara sistematis? Bertahap... dan tidak ngawur? Ya ...memang benar.....memang harus ada sistem yang mengatur.....sebuah sistem belajar!...bukan sekedar sistem sekolah yang memformalkan sebuah kegiatan belajar!! Sebuah sistem yang saya khayalkan adalah sebuah sistem yang terdiri dari :
  1. Belajar di mana saja
  2. Belajar kapan saja
  3. Belajar dari siapa saja
  4. Adanya sebuah lembaga yang mengakreditasi dan sertifikasi hasil suatu kegiatan belajar!!!
(Bersambung)

Related Posts by Categories

3 komentar:

Benny Andhika mengatakan...

mantab nich broo infonya sangat mendidik,! ditnggu lanjutannya
thnx

Anonim mengatakan...

mmm... home schooling termasuk sekolah kah?

Anonim mengatakan...

hmmm...
bener bgt,
:)