Selasa, 12 Agustus 2008

Dunia tanpa sekolah 3

Wah akhirnya bisa nulis lagi setelah beberapa hari lebih seneng copy paste untuk mengisi otak ini...
Ya.... masih seputar dunia tanpa sekolah...saya akan lanjutkan angan-angan ini.
1.Belajar di mana saja.
Saya punya seorang teman yang hobby belajarnya gila bener, otaknya seperti mesin penanya yang luar biasa, jangan coba untuk memberikan sebuah topik kepadanya kalau lagi tidak mood untuk berdebat. Di setiap tempat, hal dan waktu teman saya ini bisa menemukan pertanyaan-pertanyaan baru yang tidak pernah saya pikirkan walaupun kata teman2 pikiran saya ini juga pada tingkat yang aneh-aneh dan ada-ada saja...pernah suatu saat saya sampai pulang terlambat ke rumah gara-gara teman saya ini tertarik belajar memeras susu sapi! Dia nekad tidak pulang hanya untuk belajar memeras sapi hari itu. Memang menjengkelkan, tetapi hari itu teman saya ini punya pengetahuan baru yang mungkin ada gunanya di masa depan. Ketika saya mengingatnya saya jadi yakin bahwa kita semua bisa pinter, berpengetahuan luas, cerdas,punya keahlian asal kita punya kesadaran belajar. Belajar di mana saja....bukan kesadaran sekolah, soalnya kalau yang dipunyai adalah kesadaran sekolah, maka yang akan terjadi adalah seperti sekarang ini...ketika pulang dari sekolah siswa akan merasa bebas,lepas, dan gembira karena terlepas dari kewajiban yang disebut belajar. Paradigma seperti ini membuat kata "BELAJAR"menjadi beban yang menakutkan. Belajar adalah sekolah, di luar sekolah tidak ada pembelajaran!
Dunia yang saya impikan adalah dunia di mana ada kesadaran belajar dari setiap orang, dia bisa belajar di mana saja...ketika saya ingin bisa memasak, saya tinggal datang ke salah satu restoran , berkenalan dengan kokinya, kemudian nego untuk belajar dari dia...dan seterusnya...
Saya berjanji....akan saya ingat untuk membelajarkan anak saya terlebih dahulu sebelum menyekolahkannya. Saya harus membentuk kesadaran belajarnya sejak dini, sebelum dia terjebak di kesadaran sekolah!
Bersambung....

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar: